Menghindari Pergaulan Bebas

Author

Categories

Share

MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS

Pergaulan bebas adalah  salah satu bentuk dari perilaku menyimpang yaitu yang melewati batas kewajiban, tuntutan,aturan, syarat,dan perasaan malu. Jika diartikan dari sisi agama, pergaulan bebas adalah proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan.

Adapun ciri ciri pergaulan bebas remaja :

  1. Melakukan seks pranikah.
  2. Menggunakan narkoba (obat-obatan terlarang).
  3. Mengkonsumsi alkohol.
  4. Menonton pornografi.
  5. Tawuran antar kelompok.
  6. Memakai pakaian terbuka.
  7. Clubbing.
  8. Menghalalkan segala cara demi suatu hal yang diharapkan.
  9. dll.

            Pergaulan bebas patut menjadi perhatian terutama dikalangan remaja, karena pergaulan bebas sudah menajdi lifestyle bagi kehidupan remaja. Di mana pada masa-masa ini remaja masih labil dalam mengontrol dirinya sendiri. Saat ini para remaja banyak yang mengikuti gaya kehidupan dunia barat dan tidak sesuai dengan budaya kita.

Sungguh banyaknya remaja yang berangangapan bahwa seks bebas, memakai narkoba, meminum minuman keras, kebut-kebutan di jalan, aborsi, bolos sekolah, tawuran menjadi suatu hal yang biasa, mereka beranganggapan hal seperti itu sebagai suatu kebanggaan untuk mendapatkan pengakuan dari teman-teman sepergaulannya, yang  mengakibatkankan rusaknya moral remaja dan kerugian bagi remaja itu sendiri seperti hamil di luar nikah, putus sekolah. Hal tersebut dikarenakan pengaruh negatif teknologi yang semakin canggih yang memudahkan semua orang untuk mengakses tanpa batas dan pengaruh globalisasi yang tidak dapat mereka bendung, salah memilih teman bergaul dan terutama karena kurangnya pengawasan yang dilakuakan oleh orangtua.

Hal ini lantas menjadi pembahasan, karena masa depan remaja akan menjadi tonggak kemajuan bangsa ke arah yang lebih baik, pergaulan bebas lantas menjadi persoalan sosial yang harus dicegah karena akan menyebabkan penyimpangan perilaku.

Adapun Cara Mencegah Dan Mengatasi Pergaulan Bebas Pada Remaja yakni:

  1. Menguatkan iman

Apapun agama yang dianut, diharapkan para remaja harus menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki karakter iman yang kuat. Ketahuilah bahwa memperkuat iman itu sangatlah penting karena dengan norma agama dapat membantu mereka saat sedang lalai.

2. Mengisi Waktu Kosong Dengan Kegiatan Positif ( Untuk Anak Remaja )

Lebih baik gunakan waktu kalian dengan kegiatan positif seperti belajar, sembahyang, belajar ke agamaan atau membuat kegiatan sosial lainnya yang berguna. Daripada kalian yang masih remaja ini membuang waktu kalian dengan malas – malasan atau keluyuran tidak jelas yang nantinya bisa terjerumus kedalam pergaulan bebas. Jangan buang waktu kalian dengan percuma dan jangan sampai masuk ke pergaulan bebas akibat sering keluyuran sana sini.

3.Cara Bergaul

Punya banyak teman memang akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menjalani hidup, namun jangan sampai kalian salah bergaul. Maka dari itu sebelum anda memutuskan berteman cari tahu dulu apakah orang yang akan menjadi teman anda itu akan membawa pengaruh atau dampak baik buat hidup anda kedepannya.

4. Orang Tua Lebih Akrab Dengan Anak

 Menjalin keakraban dengan anak dapat menghindarkan anak anda kedalam pergaulan bebas. Karena jika anak anda sudah dekat dengan anda maka anak anda akan menganggap anda sebagai sahabatnya sendiri dan si anak pun juga akan menceritakan segala masalah kepada orangtuanya.

5. Lingkungan

Lingkungan merupakan peran terbesar orang tua agar anak anda nantinya tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena jika anak anda di tempatkan atau tinggal di lingkungan yang tidak baik maka kemungkinan anak anda menjadi tidak baik juga sangat besar, karena bagaimanapun selain keluarga yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan.

6. Membatasi Waktu Anak Keluar Rumah

Karena masa remaja adalah masa dimana anak sedang labil-labilnya,orang tua diharapkan waspada akan pergaulan anak diluar rumah. Dengan membatasi waktu anak keluar rumah adalah salah satu cara untuk mengontrol pergaulan anak.

7. Dilarang Pacaran

Bagi remaja yang dirasa belum cukup umur,hendaknya jangan diperbolehkan untuk berpacaran karena melalui pacaran remaja bisa saja terjerumus ke sex bebas bahkan sampai hamil diluar nikah

Author

Share

Previous articleFOTOGRAFER
Next articleKorean Populer